16 April 2007

Pokemon

Ya udah, atas request tante Dinda yang baru menikah saya akan tulis tentang Pokemon. Game yang saya sukai ini (iya loh! Saya masih suka main Pokemon) sudah ada sejak tahun 1995. Gamefreak, pengembang game ini memulai waralaba pokemon dengan mengeluarkan Pokemon Blue, Pokemon Green, dan Pokemon Red lalu diikuti Pokemon Yellow pada tahun selanjutnya. Ketiga game ini mengambil latar belakang region Kanto dari anime Pokemon pertama.

Di game pertama ini ada 150 pokemon yang tersedia. Lalu, pada tahun 2000 keluarlah Pokemon Silver dan Pokemon Gold lalu diikuti Pokemon Crystal. Latar belakang serial kedua pokemon ini adalah region Johto seperti pada animenya Pokemon Johto Journeys. Ada sekian ratus Pokemon baru tapi pokemon dari serial pertamanya tetap muncul.

Lalu, pada 2003, keluarlah game Pokemon pertama untuk konsol Gameboy Advance dan Advance SP yaitu Pokemon Ruby, Pokemon Sapphire dan diikuti Pokemon Emerald pada 2005. Game ini berlatar belakang region Hoenn seperti (lagi-lagi) animenya.

Pada 2004 serial pertama Pokemon (Red dkk.) direinkarnasikan menjadi Pokemon Fire Red dan Pokemon Leaf Green. Cerita dan latar belakangnya betul-betul sama dengan Pokemon Red dkk. Tapi, beberapa pokemon dari Pokemon Johto bisa kita tangkap jika sudah mengalahkan Pokemon League.

Sedangkan game terbaru Pokemon adalah Pokemon Diamond dan Pokemon Pearl yang keluar awal 2007 ini. Karena baru keluar, saya rada macet nih disini. Yang jelas, game ini berlatarbelakang di region baru yaitu Sinnoh dan ada sekian belas pokemon legendaris yang ada. Sedangkan pokemon yang bisa ditangkap ada 300-an (Gokil bener, main Fire Red yang cuma 150 pokemon aja klenger nangkapnya) dan hampir semuanya pokemon spesies baru.

Tentu saja, seperti serial sebelumnya, jika ingin melengkapi pokedex yang 300-an itu, kita harus menukar beberapa spesies yang tidak ada di satu versi namun ada di versi lain yang beredisi sama dengan pemain lain menggunakan GBA wireless adaptor atau GBA link cable. Contoh, untuk mendapatkan Pinsir yang hanya ada di Leaf Green atau Schyter yang hanya ada di Fire Red. Atau, untuk mengevolusi beberapa pokemon harus dengan trade. Contoh, dari Machoke menjadi Machamp atau Graveler menjadi Golem. Jadi, kita bisa berteman dengan pemilik game yang lain lewat trade. Selain itu, bila ada beberapa pemain dalam jarak jangkau wireless adaptor, maka mereka bisa mengobrol via fasilitas union room yang tersedia di setiap Pokemon Center di setiap game Pokemon.

Jadi, menjalin persahabatan juga ya game ini....

3 comments:

Yati said...

iya, game ini, game menjalin persahabatan. Kalo TVRI, menjalin persatuan dan kesatuan...hihihi, jadul deh gw :p

Arviyanto R. said...

ga danta . ga jelas issh elah

Unknown said...

hehhh....maksud Pokemon adalah jahat,liat aja disini http://hurul.abatasa.com/post/detail/3129/bahaya-kartun-pokemon