12 April 2007

Guitar Hero

Saya sempat duduk bengong beberapa menit di depan monitor untuk memikirkan game apa yang akan saya tulis. Lalu saya kebetulan lagi mendengarkan lagunya Ozzy Osbourne, lalu saya tulislah Guitar Hero.

Game ini unik, bagus, layak main, tapi konsepnya sangat sederhana, hanya menekan 5 tombol di controller aja. Kalo di PS2 tombol-tombolnya adalah L2 untuk hijau, L1 untuk merah, R1 untuk kuning, R2 untuk biru, dan x untuk oranye. Selain itu ada star power yang akan melipatgandakan skor kita untuk beberapa saat.

Banyak band dan musisi beken yang tampil di dua serial game ini seperti Deep Purple, van Halen, The Police, Guns n' Roses (alias mawar dan bedil), Ozzy Osbourne, dll. Pada Guitar Hero ada 6 tingkatan yang masing-masing berisi 5 lagu. Sedangkan pada Guitar Hero 2 ada 8 tingkatan yang terdiri dari 6 lagu per tingkatan.

Untuk lagu maut (alias susah ditaklukkan) di GH ada Bark At The Moon yang dibawakan Ozzy Osbourne. Di GH2 ada Free Bird. Kalau dicoba-coba GH2 memang lebih sulit daripada GH karena pemain bisa saja menekan 3 tombol sekaligus dari lima tombol di atas tersebut. Keuntungan GH2 ada pada practice mode di mana kita bisa berlatih lagu yang akan kita taklukkan untuk menjadi seorang 'Guitar Hero' (ceuillah....).

Kita bisa memilih 8 karakter pada GH. Yaitu: Johnny Napalm, Axel Steel, Judy Nails, Pandora, Clive Winston, Izzy Spark, Xavier Stone, dan Grim Reaper si pencabut nyawa (masak dipanggil si Grim???). Sedangkan pada GH2 ada 3 karakter tambahan yaitu Eddie Knox, Casey Lynch, dan seorang rocker skandinavia berbadan besar yang berdandan seperti KISS yaitu Lars Umlauth (coba eja Umlauth...).

Pengembang game ini, Harmonix juga memasukkan lagu-lagu dari band garasi sebagai bonus song. Jadi untuk pembaca yang mau nge-rock mampir aja ke rumah saya terus kita main sama-sama.

Quiz: Di lagu Guitar Hero ada judul lagu yang kalo dibikin jadi bahasa Indonesia judulnya Monster Dinosaurus yang menghancurkan Jepang sekitar tahun 60 an. Coba terjemahin ke Bahasa Inggris dalam 3 detik saja. Ndak bisa khan??

Jawabannya gampang kok: GODZILLA :)

No comments: