27 May 2007

The Sims


Entah Kenapa, game ini sangat fenomenal dan terus-menerus dimainkan orang hingga bisa mencapai puluhan seri (di PC aja ada 39 seri!!!) jumlah yang menkjubkan! Mungkin alasannya adalah karena game ini mengambil latar belakang kehidupan sehari-hari. Ada yang bertemakan kehidupan urban, kehidupan malam (diskotik dkk. maksudnya), kehidupan kampus, menjadi businessman, hingga memelihara peliharaan.

Fitur yang sudah pasti dari serial The Sims adalah membuat orang (istilahnya sims) yang akan kita mainkan, aspek mood (kebersihan, fun, sosialisasi, dll.), dan yang paling asyik adalah membangun relasi dengan sims lain. Ditambah lagi kita bisa membuat rumah sendiri. Pilihannya ada banyak. Mulai dari kamar petak hingga condo yang megah di tengah kota. Aspek lain yang selalu ada di serial The Sims adalah pekerjaan. Di serial Sims, pekerjaan biasanya dapat kita pilih dari koran yang didatangkan setiap hari di depan kediaman player.

Yang paling merepotkan dari The Sims adalah bagaimana cara kita membangun dan memelihara mood kita agar tetap bagus. Mood perlu dijaga karena sims lain akan mau berinteraksi dengan kita hanya bila mood kita sedang keatas. Dibawah itu biasanya akan ada pesan singkat yang berbunyi: "To socialize with other sims, you must increase your mood). Dan misalkan suatu mood sudah kosong, maka mood itu akan mempengaruhi tindakan sims dan mood yang lain. Contohnya, jika sims sudah ingin buang air sampai mood buangair nya kosong, maka sims tersebut akan ngompol dan mood kebersihannya menjadi kosong.

Game ini cocok untuk remaja keatas dan dapat melatih kita untuk menerapkan jalan hidup yang terbaik dan melatih untuk memilih pilihan yang terbaik.

2 comments:

Yati said...

wah...game-nya manusiawi banget ya dek? sayang banget gw ga banyak waktu buat game...pengen nyobain juga

Maruria said...

Heuheu...one of my favourite game..
kalo dah main The Sims, beuh..lupa waktu deh....